TIPS BLOGGING & SEO ( Search Engine Optimization )

1) Tips Template

Dulu pada saat pertama kali belajar membuat blog, kita tidak begitu memikirkan arti pentingnya sebuah template. Pertimbangan pada saat memilih template hanya sebatas pada seberapa besar desain template tersebut mampu menarik perhatian. Mana yang menurut menarik, template itulah yang dipilih.

Mungkin hal ini juga masih sering terjadi pada blogger pemula. Sehubungan dengan hal tersebut, saya ingin berbagi informasi bahwa sebenarnya memilih template merupakan salah satu faktor penting agar blog anda memperoleh peringkat yang baik dimata search engine. Tentu peringkat yang baik dalam search engine dapat mendongkrak Bisnis Online anda. jadi dapat dikatakan template Anda harus dapat memenuhi dua kebutuhan yaitu menarik dimata pengunjung anda dan juga menarik dimata search engine.

a. Template Yang Ringan.

Salah satu tanda dari template yang ringan yaitu memiliki waktu loading yang singkat. Jika waktu loadingnya singkat, tentu pengunjung akan senang karena mereka tidak perlu berlama-lama menunggu untuk dapat menikmati artikel anda. Selain itu template yang ringan akan membantu mempercepat search engine untuk mengindeks konten dalam blog atau website anda. Perhatikan pula widget, javascript, dan gambar dalam blog.

b. Template Yang Memiliki Dynamic Meta Tag.

Meta tag meliputi meta description, meta keywords, meta author, meta robots, meta location, dll. Anda dapat menyisipkan meta tag secara manual (hack SEO). Menggunakan dan mengoptimalkan meta tag secara tepat akan menambah kekuatan SEO blog anda di search engine.

c. Meta Tag Seo Booster :

<meta content='DISKRIPSI BLOG [SEO MAKSIMAL 200 KARAKTER]' name='description'/>
<meta content='KEYWORD BLOG [SEO MAKSIMAL 50 KARAKTER' name='keywords'/>
<meta content='Aeiwi, Alexa, AllTheWeb, AltaVista, AOL Netfind, Anzwers, Canada, DirectHit, EuroSeek, Excite, Overture, Go, Google, HotBot, InfoMak, Kanoodle, Lycos, MasterSite, National Directory, Northern Light, SearchIt, SimpleSearch, WebsMostLinked, WebTop, What-U-Seek, AOL, Yahoo, WebCrawler, Infoseek, Excite, Magellan, LookSmart, bing, CNET, Googlebot' name='search engines'/>
<meta content='INDEX, FOLLOW' name='GOOGLEBOT'/>
<meta content='index, follow, all' name='robots'/>
<meta content='all' name='googlebot'/>
<meta content='all' name='msnbot'/>
<meta content='all' name='Googlebot-Image'/>
<meta content='blogger' name='generator'/>
<meta Content='snippet' name='googlebot'/>
<meta content='general' name='rating'/>
<meta content='ID' name='geo.country'/>
<meta content='Indonesia' name='language'/>
<meta content='Indonesia' name='geo.placename'/>
<link href='http://www.LINK-BLOG.com/' hreflang='x-default' rel='alternate'/>
<meta content='global' name='distribution'/>
<meta content='7 days' name='revisit-after'/>
<meta content='true' name='MSSmartTagsPreventParsing'/>
<meta content='index, follow' name='robots'/>

2) Tips Niche

Di bawah ini beberapa niche paling cocok untuk AdSense, urutan tidak mengutamakan prioritas.

1. Niche pendidikan
Niche pendidikan seperti informasi terbaru seputar pendidikan, tutorial aplikasi pendidikan, informasi tunjangan guru. dianggap cocok untuk AdSense karena menyasar pembaca yang spesifik dalam jumlah banyak namun tidak banyak yang paham terhadap Google AdSense.

2. Niche arsip surat, proposal, skripsi, dll
Berdasarkan pengalaman pribadi, niche arsip contoh surat, proposal, skripsi, contoh skripsi, dll cukup baik untuk AdSense.

3. Niche wisata dan traveling
Niche wisata dan traveling banyak dicari pengguna internet karena konten wisata dapat dikonsumsi oleh pembaca umum. dengan desain template terbaik untuk AdSense, niche wisata akan mendatangkan klik iklan yang cukup banyak.

4. Niche kesehatan
Niche kesehatan kebanyakan mengandung keyword abadi yang informasinya dibutuhkan oleh semua orang. Oleh sebab itu, blog kesehatan tidak akan mengalami fluktuasi secara signifikan. Pembaca pun tidak terlalu paham terhadap AdSense.

5. Gadget
Blog yang membahas tentang gadget memiliki visitor fanatis. Kemajuan teknologi smartphone terus berkembang pesat, informasinya akan senantiasa dicari oleh pengguna. Kebanyakan dari mereka pun masih mengenal Google AdSense. Jadi niche gadget bisa jadi pilihan terbaik untuk AdSense.

6. Tutorial
Latih kembali hoby agan hingga benar benar menguasai, Buatlah menjadi sebuah tutorial, Kenapa saya menyarankan membuat tutorial dari hoby ? Karna jika telah menjadi hoby, secara otomatis itu bisa dilakukan dengan mudah oleh diri kita masing masing.
Sebagai contoh kecil, membuat Tutorial Photoshop, Tutorial Pemrograman, Tutorial Komputer, dll

6. Review
Sebaiknya membahas tentang review Hosting, VPS, VPN, dll (CARI YG HPK)


3) Tips Keyword

Mencari keyword yang tepat untuk blog anda. Pilihlah kata kunci yang paling tepat untuk mewakili blog. Caranya bisa menggunakan tools keyword checker atau bisa pula memanfaatkan tools dari Google Adwords.
Silakan berkreasi untuk mendapatkan kata kunci yang paing relevan dengan blog sahabat. Pastikan kompetisi tiap kata kunci yang disajikan.
Bijaklah untuk memilih kata kunci dengan persaingan rendah atau tinggi. Semua tergantung kesiapan anda dalam mengelola blog.
Dan berikut adalah cara meletakkan kata kunci dalam sebuah postingan artikel :

1. Letakkan pada judul
Setelah mendapatkan kata kunci, langkah selanjutnya adalah meletakkannya dalam judul. Idealnya judul blog mengandung kata kunci utama. Selain itu, kata kunci juga wajib diletakkan pada judul postingan. Mengapa demikian? Sebab, judul postingan adalah kata pertama yang dirayapi oleh mesin pencari. Maka wajib hukumnya meletakkan kata kunci ke dalam judul postingan.

2. Header tags
Dalam sebuah artikel, terbagi dalam judul, bab dan sub bab. Dalam bahasa SEO, diistilahkan sebagai header tags. Dari segi pembaca, struktur artikel seperti ini lebih mudah dipahami. Dan lebih dari itu, spiderbot atau laba-laba mesin pencari lebih menyukai header tags. Maka peletakan kata kunci dalam header tags ini akan sangat berpengaruh besar bagi indeks blog dalam mesin pencari

3. Anchor text
Sebuah penelitian menyebutkan, ternyata googlebot lebih menyukai link dalam bentuk anchor text dibanding link biasa. Entah memakai argumentasi apa, yang jelas kata-kata sederhana yang diselipkan link justru lebih efektif dalam perayapan mesin pencari.

4. ATL Images
Jika postingan blog sahabat terdapat gambar, ada baiknya untuk menyematkan ALT tags di dalamnya. ALT tags ini akan memberitahu spiderbot agar mudah dirayapi. Sehingga sangat baik untuk indeks blog dalam hasil pencarian. Maka, pastikan kata kunci ada dalam ATL tags ini.

5. Awal, tengah dan akhir postingan
Banyak yang memiliki pendapat tentang hal ini. Yakni menempatkan kata kunci secara merata dalam tubuh postingan. Caranya adalah dengan meletakkan kata kunci di awal paragraph pertama, kemudian di tengah-tengah inti postingan dan pada akhir postingan sebagai kesimpulan atau penutup.

0 Response to "TIPS BLOGGING & SEO ( Search Engine Optimization )"

Posting Komentar

Contact / Privacy Policy / Disclaimer / Sitemap