Pemahaman atau Penilaian


     “Sekolah ideal adalah wadah dimana para siswanya dapat memilih pelajaran yang ingin mereka pelajari, bukan karena harus mendapat nilai bagus dalam setiap mata pelajaran  tapi karena sang murid sendiri yang ingin mengetahuinya.” 






     Sekolah adalahlembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa atau murid di bawah pengawasan guru. Sekolah merupakan sarana bagi para siswa untuk mengembangkan diri baik dalam bidang akademis maupun karakter. Sekolah diharapkan dapat menjadi  dasar atau modal bagi para siswa untuk berorientasi ke masa depan.

Apa itu pendidikan?


     Pendidikan adalah suatu standar dan bertujuan untuk mengembangkan kualitas manusia sebagai suatu kegiatan yang sadar akan tujuan. Aktivitas dalam mendidik yang merupakan suatu pekerjaan memiliki tujuan dan ada sesuatu yang hendak dicapai dalam pekerjaan tersebut, maka dalam pelaksanaannya berada dalam proses yang berkesinambungan disetiap jenis dan jenjang pendidikan. Pendidikan merupakan pengaruh lingkungan terhadap individu untuk menghasilkan perubahan-
perubahan yang tetap dalam kebiasaan perilaku, pikiran dan sikapnya.

Bagaimana sesungguhnya Pendidikan kita? 

Di Indonesia sendiri memang telah diterapkan Kurikulum 2013 atau kurtilas yang menekanan kepada semua siswanya agar meraih nilai minimal diatas KKM.  Hal ini justru memberatkan bagi beberapa siswa, karena setiap siswa memiliki potensi atau bakat yang berbeda beda. Idealnya pendidikan yang kita terima adalah pendidikan yang mampu menjadikan individu-individu menjadi lebih kritis.


Persoalan pendidikan kita saat ini seolah menganggap bahwa 'nilai' bukan lagi sebagai bentuk pemetaan, tapi menjadi tujuan akhir dari pendidikan itu sendiri. Orientasi seperti ini telah mendorong para pendidik di sekolah-sekolah untuk meminta peserta didik(siswa) mengejar nilai setinggi-tingginya. Persoalan si anak mampu memahami materi yang diberikan bukan jadi soal yang penting   lembar-lembar kerja siswa terisi penuh dengan jawaban yang benar sudah cukup.untuk menyimpulkan bahwa anak tersebut berhasil dalam suatu pendidikan.

Pendidikan yang ideal seharusnya mampu merangkum setiap pengalaman menjadi modal untuk memperbaiki diri di masa depan. Mengurangi volume kesalahan  dan meningkatkan yang positif pada tindakan selanjutnya. Pendidikan yang dapat merangsang Individu untuk berjiwa sosial dan yang paling penting mampu mengubah keadaan tanpa hanya sekadar mengetahui keadaan tersebut. Tentu saja, pendidikan seperti ini bukanlah pendidikan yang hanya mengejar nilai semata, tapi pendidikan yang lebih mendorong pada pemahaman dan menghubungkannya pada realitas. Lantas pemahaman tau penilaian?

0 Response to "Pemahaman atau Penilaian"

Posting Komentar

Contact / Privacy Policy / Disclaimer / Sitemap